Tuesday, November 27, 2007

3 CARA MUDAH DAN EFEKTIF UNTUK SELALU KONSISTEN DALAM MENSTIMULASI KECERDASAN ANAK

Kita tahu, kunci sukses dalam segala hal termasuk
juga menstimulasi dan meningkatkan kecerdasan buah
hati kita adalah bersikap KONSISTEN dan PERSISTEN.

Dua sikap ini akan mudah dilakukan jika ''ADA SESUATU''
yang selalu mengingatkan atau memberi motivasi kepada
kita secara TERUS MENERUS.

Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah...
Oleh: Taufan Surana

BalitaCerdas.com saat ini mempunyai member lebih
dari 14.000 orang. Banyak sekali member yang
mengirimkan email, menyampaikan bahwa informasi
di website balitacerdas.com sangat bagus, sangat
menambah wawasan dalam hal pengasuhan anak.
TETAPI.. banyak juga yang mengeluh, misalnya
seperti ini: ''Saya banyak mendapat informasi bagus
dari website balitacerdas.com, tapi dengan kesibukan
saya bekerja sering kali saya lupa dan tidak
konsisten dalam menerapkan informasi yang bagus itu.
Adakah tips untuk mengatasinya?''.
Ini adalah hal yang wajar, apalagi kalau kesibukan
kerja begitu tinggi. Saya sendiri juga sering mengalaminya.
Kita tahu, kunci sukses dalam segala hal termasuk
juga menstimulasi dan meningkatkan kecerdasan buah
hati kita adalah bersikap KONSISTEN dan PERSISTEN.
Dua sikap ini akan mudah dilakukan jika ''ADA SESUATU''
yang selalu mengingatkan atau memberi motivasi kepada
kita secara TERUS MENERUS.

Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah:

1. Selalu menyediakan tulisan/buku/artikel tentang
perkembangan anak di atas meja kerja atau di tempat
yang mudah dijangkau/dilihat.
Di artikel saya yang berjudul ''Pukulan vs Time Out:
Manakah yang Lebih Efektif?'' (bisa dicari di
http://info.balitacerdas.com), saya melakukan hal ini
untuk mengingatkan 'jangan memukul anak'.
Cara ini cukup efektif, tapi memang bisa terlewatkan
jika kita tidak punya banyak waktu luang.

2. Memasang foto anak di tempat yang mudah terlihat.

Yang lebih penting lagi, di dalam foto atau di frame
foto, berilah tulisan seperti misalnya: ''Apa yang
sudah saya lakukan hari ini untuk menstimulasi
kecerdasan anak saya?'', dan kalimat sejenisnya.
Ini cukup menarik dan efektif karena dengan melihat
wajah buah hati kita, dorongan untuk melakukannya
terasa lebih kuat. Supaya selalu fresh, anda bisa
mengganti kata-kata di foto tersebut secara reguler.

3. Memanfaatkan teknologi modern saat ini.

Apa itu? Yang jelas, ini cara yang PALING EFEKTIF
karena kita selalu diberi tips motivasi harian secara
otomatis, sehingga sikap konsisten dan persisten bisa selalu dijaga.
Awalnya saya membuat tips harian ini untuk diri
saya sendiri dalam bentuk email harian yang dikirim
secara otomatis ke email saya.
Tetapi kemudian dikembangkan lebih lanjut dengan
memanfaatkan HANDPHONE (HP) supaya bisa jauh lebih
bermanfaat untuk banyak orang termasuk ANDA, karena
tidak setiap hari kita selalu membuka email.
Berhubung akan terlalu panjang dijelaskan di artikel
ini, informasi detailnya bisa dilihat di:
www.balitacerdas.com/hpcerdas
atau, dengan mengirimkan email kosong ke:
hpcerdas@balitacerdas.com
Email anda akan segera dibalas secara otomatis oleh
email autoresponder tersebut.
PERHATIAN!
Pengiriman email ke YAHOO.COM sedang mengalami
masalah. Jadi untuk anda yang menggunakan email
yahoo.com mohon langsung akses saja ke:
www.balitacerdas.com/hpcerdas


No comments: